INGIN BUKA USAHA KONVEKSI, PASTIKAN MEMPERSIAPKAN BEBERAPA ALAT UNTUK SABLON SEBELUM MELANGKAH

Faktanya konveksi tidak hanya hadir dalam skala kecil saja. Akan tetapi jasa konveksi ini juga hadir dalam skala yang lebih besar lagi dan bahkan bisa di sebut sebagai garment. Jadi wajar, jika saat ini banyak sekali pengusaha atau masyarakat yang ingin melakukan pemesanan dalam jumlah banyak. Kerap kali mencari jasa konveksi sebagai tempat untuk pembuatan pakaian untuk memenuhi kebutuhannya. Apalagi untuk menjalin kerja sama ini terbilang cukup mudah. Anda dapat melakukan kerja sama tidak hanya langsung melainkan juga online. Meskipun hingga kini banyak pebisnis konveksi dan distro menggunakan mesin sablon kaos digital. Terutama untuk mengerjakan produk mereka. Maka untuk sablon manual ini mudah untuk ditemukan. Selain itu harganya pun lebih terjangkau.

konveksi

Inilah Alat Sablon Kaos Manual Yang Digunakan Konveksi Untuk Pembuatan Pakaian

Hingga kini memang banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan metode manual. Untuk usaha konveksi yang akan mereka jalankan.  Untuk anda yang memang ingin memulai bisnis serupa.  Maka untuk hal pertama kali yang harus anda ketahui. Yakni adalah perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat sablon manual. Dan berikut ini adalah alat – alat yang diperlukan untuk menjalankan usaha konveksi diantaranya:

  1. Screen

Untuk screen sablon adalah peralatan yang cukup inti digunakan untuk sablon manual. Seringkali screen ini dibuat dengan bingkai kayu. Akan tetapi ada juga yang menggunakan bahan aluminium atau besi. Di tengah bingkai, kita menemukan kain kasa dengan pori – pori halus yang dipasang. Dimana tujuannya pun untuk menyaring tinta saat proses menyablon ini dilakukan. Benefit untuk screen sablon ini adalah untuk mencetak film yang sudah dilapisi afdruk untuk kemudian di cetak desain nya pada permukaan kain.

  1. Rakel

Alat yang satu ini digunakan untuk mendorong tinta di atas kain screen. Untuk anda yang memang memerlukan rakel. Maka rakel yang bisanya di buat dari kayu dengan ujung yang terbuat dari karet. Maka berdasarkan bentuk ujungnya, untuk rakel ini memiliki beberapa jenis berbeda. Dengan penggunaan yang beraneka raga pula. Rakel lancip ini biasa digunakan untuk menyablon dengan tinta namun tipis. Rakel ini memiliki ujung datar biasa dipakai untuk menyablon keramik atau kain parasut.

  1. Meja

Untuk meja sablon ini memang termasuk peralatan inti dalam menyablon manual bukan. Sehingga dengan adanya meja ini sebagai salah satu penyangga screen. Maka kain pun bisa di sablon dengan hasil yang bagus bukan. Ditemukan ada beberapa jenis meja sablon, seperti meja banting, meja frame presisi, meja rel panjang, meja catok dll.

  1. Tinta

Untuk jenis tinta yang satu ini merupakan jenis bahan sekaligus alat yang paling penting untuk sablon manual. Untuk tinta sablon sendiri memang banyak sekali macamnya. Sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan yang berbeda – beda pula. Untuk jenis tinta yang biasa digunakan untuk menyablon ini. Diantaranya ada tinta rubber, tinta plastisol, tinta foil, dan tinta glow in the dark.

  1. Alat afdruk

Nah, setelah film ini ditempelkan pada screen. Di sini anda harus masih melakukan pemanggangan. Dimana untuk prosesnya pun bisa dilakukan dengan menggunakan alat afdruk neo panjang. Untuk film yang sudah direkatkan pada screen dan dilapisi dengan obat afdruk. Lalu kemudian dipanaskan untuk menghasilkan desain artwork atau gambar yang bagus.

Nah, itulah ulasan terkait alat – alat sablon yang anda butuhkan untuk menjalankan usaha konveksi. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk anda saat ini memulai usaha.

Leave a Comment